Thursday, October 30, 2008

Tulisan....

JANGAN DIBACA!
By. Achmad Taufik
Dibaca juga kan…?! Rasa ingin tahu Andalah penyebabnya. Kalau hasrat kita untuk memperoleh pengetahuan/kebijaksanaan begitu besar, kita bisa mendapatkannya dari siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Tidak hanya dari orang pandai, kita pun dapat mengambil pelajaran dari orang bodoh (dengan tidak mengulangi kebodohannya). Tidak hanya dari kesuksesan, dari kegagalan pun kita dapat mengambil hikmahnya. Tidak hanya dari makhluk hidup, dari benda-benda mati pun kita dapat mengambil pelajaran darinya. Tidak hanya dari buku-buku, kita pun dapat mengambil hikmah dari apa-apa yang tidak tertulis yang terhampar di seluruh alam semesta ini.
Ivan Burnell dalam bukunya Power of Positive Doing menuliskan sebuah cerita sebagai berikut. Ada sebuah kisah tentang seorang anak muda yang mendatangi Socrates dan berkata, “Saya telah berjalan sejauh 1500 mil untuk mendapatkan kebijaksanaan dan pelajaran. Saya menginginkan pelajaran, jadi saya mendatangi Anda. Dapatkah Anda memberikannya kepada saya?” Mendengar permintaan pemuda tersebut, Socrates berkata, “Mari ikutilah saya!” Guru yang sangat terkenal itu berjalan menuju ke pantai. Dia dan pengikut mudanya itu masuk ke dalam air laut dan berhenti saat air laut mencapai pinggang mereka. Kemudian Socrates mencengkeram temannya dan menekan kepalanya ke dalam air. Walaupun anak muda itu menggeliat dengan keras, guru itu tetap membenamkan kepalanya ke dalam air. Akhirnya, setelah tidak ada perlawanan lagi, Socrates menarik anak muda itu keluar dari air, membaringkan calon murid itu di tepi pantai dan kembali ke pasar. Ketika kekuatan anak muda itu pulih, dia kembali menemui Socrates. “Anda adalah seorang pembelajar dan penuh kebijaksanaan,” protes anak muda itu dengan marah, “mengapa Anda memperlakukan saya begitu buruk?” “Ketika Anda berada di bawah air,” tanya Socrates, “apa satu-satunya hal yang Anda inginkan melebihi segala sesuatu yang lain?” “Saya menginginkan udara!” Kemudian Socrates berkata, “Jika Anda menginginkan kebijaksanaan dan pemahaman sebesar Anda menginginkan udara, Anda tidak harus meminta seseorang untuk memberikannya kepada Anda. Anda akan mendapatkannya di mana pun dan kapan pun Anda bisa.”
Melalui tulisan ini saya tidak bermaksud menganjurkan Anda untuk membaca buku ataupun majalah yang semestinya jangan dibaca. (Sudah tahu kan?!) Pesan yang ingin saya sampaikan adalah bahwa kita seharusnya tidak perlu takut dan tidak pernah bosan untuk terus belajar. Dari manapun sumbernya, asalkan yang disampaikan adalah sesuatu yang benar dan bermanfaat untuk kita maka kita tidak perlu ragu-ragu untuk belajar darinya. “Jangan lihat siapa bicara, tapi dengar apa yang dikatakan,” adalah kata-kata bijak yang sering kita dengar.

No comments: