Thursday, October 30, 2008

Bagaimana caranya....Internet Wireless Harga Warnet (Bagian II - selesai)

Handphone sebagai modem > Mungkin banyak dari kita yang telah mengetahui bahwa handphone dapat digunakan sebagai modem untuk koneksi internet. Namun tentunya tidak semua handphone dapat digunakan sebagai modem. Berikut beberapa jenis HP Nokia CDMA maupun GSM yang dapat digunakan sebagai modem internet : N2115i, N2116, N3105, N3N6235, N6225, N6015i dan Nokia generasi terbaru pada umumnya. Dari jenis-jenis HP Nokia tersebut, Handphone yang dapat digunakan untuk modem internet tidak harus generasi terbaru dan mahal, namun HP biasa saja pun dapat digunakan sebagai modem. Selain HP nokia, merk lain pun juga dapat dijadikan modem internet, untuk memastikannya kita harus sering mencari informasi atau bertanya ke penjual HP tersebut apakah HP tersebut dapat juga difungsikan sebagai modem.

Internet Wireless harga Warnet menggunakan HP Nokia 6235 atau Modem CDMA VT-12 dan Kartu Pascabayar Starone
Pada bagian ini, penulis mencoba menceritakan bagaimana menggunakan akses internet wireless dengan harga seperti warnet. Dengan kata lain kita tidak perlu ke warnet....dan kita tidak perlu menggunakan line telepon rumah. Biaya akses internet ini pun relatif murah seperti harga warnet dan tidak perlu berlangganan, kita bayar kalau kita akses internet saja sehingga biaya internetan dapat kita kontrol. Tentunya bagi yang sangat-sangat membutuhkan akses internet tiap hari dan sering downloan ada akses internet yang lebih dasyat lagi seperti berlangganan internet tanpa batasan dengan harga yang telah ditetapkan. Tapi tentunya tidak semua orang mampu mengalokasikan dana tertentu untuk membayar tagihan internet tiap bulan. Dengan demikian, akses internet yang penulis ceritakan disini yaitu akses internet mobile, harga mirip warnet, tanpa membebani tagihan telepon rumah, penggunaanya adalah sesuai dengan jumlah pulsa hp CDMA yang kita beli.
Apa saja yang dibutuhkan :
  1. PC atau Laptop
  2. HP CDMA Nokia 6235 atau yang lebih canggih atau kalau mau beli modem CDMA yang tidak terlalu mahal contohnya Venus VT-12
  3. Kabel Data CA-53 atau DKU-2
  4. Kartu Starone Prabayar

Bagaimana cara instalasinya :

> Menggunakan HP Nokia 6235 sebagai Modem :

Cara setting:

  1. Install kabel data : CA53 atau DKU 2 untuk menghubungan HP Nokia 6235 dengan PC atau Laptop
  2. Install sofware Nokia PC suite atau driver modem untuk Nokia 6235 (Driver Modem Nokia CDMA DCT 4 : nmpCDMA1xRTT.inf dapat didownload di http://www.nokia.co.id/A4616681)
  3. Sambungkan HP ke komputer dengan kabel data. HP tentunya sudah berisi nomor Starone yang sudah aktif dan masih terisi pulsa yang cukup.
  4. Pilih control panel - Phone dan Modem Options pada tab modem klik tombol Add. control panel »Phone and Modem Options pada tab modem klik tombol Add. Jika baru pertama kali, set dulu area code pada tab Dialing Rules.
  5. Tandai Don’t detect my modem; I will select it from a list. Ikuti langkah-langkahpada layar tersebut
  6. Lalu klik tombol Have disk, browse file driver modem ponsel cdma sebagaimana yang telah di install (lihat no.2) driver tersebut, lalu klik next
  7. Kemudian pilih selected port dan klik port yang tersedia.
  8. Klik tombol Continue Anyway pada window Hardware Installation yang muncul klik ok
  9. Buat halaman login dial-up. Klik control panel - Network Connections. Pada menu file lik New Connection…, lalu ikuti langkah-langkah pada layar.
  10. Dari halaman login dial-up, masukkan account berdasarkan provider cdma yang kamu pakai. Indosat(starone)username: starone password: indosat no.dial: #777

NB:Jika muncul error no 691 yang menyatakan username/password invalid,Telpon ke call Center provider untuk mengaktifkan internetnya:- Call 111 untuk Starone. Source : http://ardiansyahputra.wordpress.com/

> Menggunakan Modem Venus VT-12 :

Cara setting:

  1. Install sofware modem Venus VT-12
  2. Masukan kartu Starone yang sudah aktif dan mempunyai cukup pulsa ke dalam modem Venus VT-12 seperti memasang kartu pada HP.
  3. Hubungkan modem Venus tersebut ke USB port pada PC atau Laptop
  4. Klik icon Venus yang yang merupakan program yang berasal dari driver modem venus tersebut
  5. Masukan kode PIN starone yaitu 1234 (apabila kode PIN belum dirubah)
  6. Selanjutnya muncul layar Venus yang memberikan beberapa pilihan yaitu untuk koneksi internet, untuk telepon maupun untuk SMS. Juga terdapat buku telepon, pesan inbox dan outbox.
  7. Untuk koneksi internet tidak perlu disetting lagi karena pada menu setting sudah disediakan pilihan koneksi internet dengan kartu apa (starone, flexy, fren atau esia). Tinggal pilih Starone lalau ok.
  8. Kemudian untuk koneksi ke internet tekan tombol Connect
  9. Setelah indikator koneksi internet menyala lalu tekan menu browse untuk mencari situs yang kita inginkan.
  10. Untuk mengakhiri internetan tinggal tekan Disconect (sebelumnya merupakan menu connect)

Koneksi internet dengan Starone mempunyai beberapa pilihan yaitu berdasarkan time base atau volume base sesuai dengan gaya kita menggunakan internet. Apabila sering membuka halaman baru maka lebih hemat menggunakan time base. Karena semakin sering membuka halaman, semakin banyak volume yang digunakan. Namun apabila hanya membuka email atau situs tertentu dalam waktu lama tanpa berpindah-pindah lebih hemat menggunakan content base karena berapa lamapun kita akses biayanya tidak berubah sepanjang halamannya tidak diganti-ganti. Dari pengalaman penulis, mengakses internet menggunakan time base starone prabayar harganya seperti internetan di warnet yang sekitar 4000rb/5000rb per jam. Lebih hemat lagi apabila kita menggunakan pilihan ngorbit bulanan. (lihat http://www.mystarone.com/productAndService/index.php?id=6)

Selamat Mencoba….

No comments: