Thursday, October 30, 2008

Bagaimana caranya....Internet Wireless Harga Warnet (Bagian I)

Jaman sekarang internet udah bukan barang baru…..internet banyak sekali kegunaannya dari yang sekedar untuk just having fun, mencari informasi, bikin PR, bikin tugas, komunikasi, sampai yang ingin mencari ilmu. Di kota-kota besar, untuk mendapatkan akses internet saat ini sangat mudah. Kita dapat mengakses internet dari rumah dengan saluran telepon rumah, atau ke warnet, atau beruntunglah yang dikantornya memiliki akses internet gratis….kecepatan tinggi pula….seneng banget.

Internet Wireless > Saat ini bahkan sangat tren akses internet wireless seperti akses internet wifi dan akses internet mobile. Akses internet jenis ini memang lebih unggul dari akses internet rumah atau bahkan warnet. Keungggulan yang paling nyata adalah dalam hal koneksinya yang tanpa menggunakan kabel yang terhubung ke saluran telepon (dial up). Tentunya akses ini ditujukan untuk pengguna laptop/notebook/netbook dan sejenisnya bukan untuk PC. Pertanyaannya kok bisa tanpa kabel.....tentunya ada alat yang menghilangkan fungsi kabel yaitu wireless modem.

Internet Dial Up > Mungkin kita perlu mundur sejenak untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengakses internet cara konvensional. Untuk akses internet dial up kita memerlukan PC atau Laptop, Modem, dan Saluran Telepon. Modem dial up memang berbeda dengan modem wireless sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Modem wireless tidak membutuhkan koneksi ke saluran telepon rumah/kantor (dial up) tetapi menggunakan koneksi telepon selular. Apakah itu selular GSM atau CDMA dapat digunakan untuk askses internet wireless tersebut.

Modem Dial Up > Modem Dial Up membutuhkan koneksi kabel ke telepon rumah/kantor (line up). Jenis-jenis modem dial up sangat beragam dalam hal merek maupun model. Pada umumnya Pada umumny Laptop dan PC bermerk sudah mempunyai modem dial up siap pakai. Sehingga kita dapat langsung menghubungkan saluran telepon ke port modem tersebut di laptop atau PC. Namun apabila PC kita adalah rakitan maka kita perlu membeli modem dial up. Contohnya modem DLink DFM 5621S (spesifikasi : 56kbps Voice/Fax/Data Modem, V.90 & K56Flex Auto-sensing, Conexant chipset)
Selain modem dial up internal, terdapat juga model dial up external yang dapat dibawa kemana-mana. Contohnya modem PROLiNK 1456TR (spesifikasi : 56k V 92 Serial, Fax/Data Modem, Topic Chipset) Modem dial ini harganya saat ini cukup murah, +/- 200rb untuk internal modem dan +/- s.d 800rb-an untuk external modem. Coba tanya-tanya dulu deh untuk lebih pastinya.
Modem Wireless > Modem wireless tidak membutuhkan koneksi kabel ke line telepon rumah/kantor karena koneksinya menggunakan jaringan telepon selular seperti hanphone. Modem jenis ini antara lain modem GSM (menggunakan jaringan selular GSM), modem CDMA (menggunakan jaringan CDMA) , dan Wifi Card (menggunakan frequency tertentu ke hot spot terdekat. Hot spot wifi biasanya cafe, restoran, kantor, bandara dll yang menyediakan fasilitas Wifi). Namun demikian, laptop-laptop generasi baru pada umumnya sudah memiliki fasilitas internal untuk akse Wifi sehingga tidak perlu membeli wifi card lagi. Namun untuk yang belum mempunyai fasilitas internal untuk wifi maka diperlukan wifi card. Jenis-jenis modem wireless saat ini juga sudah sangat beragam dalam hal merek maupun model, untuk PC atau untuk laptop.
> Contoh modem CDMA (koneksi USB) : Venus VT-12 Type: CDMA Modem 800Mhz ▪ Max Speed: 230.4Kbps ▪ Mode: CDMA,voice call,panggilan telepon,sms ▪ Special Feature: RUIM Card ▪ Interface: USB
> Contoh modem GSM (koneksi USB) : Huawei E226 (spesifikasi : USB Modem, HSDPA/3G/EDGE/GPRS 7.2 Mbps)
> Contoh modem GSM (Internal) : Modem GSM 3G, Novatel Merlin U630 3G/GPRS Modem GSM Technical Specifications UMTS 2100 MHz band GPRS/GSM 900 MHz GPRS/GSM 1800 MHz GPRS/GSM 1900 MHz Data Speeds Basic PS Modes: 384/128, 384/64, 128/64, 64/64, 32/8 (Downlink/Uplink)
> Contoh Card Wifi (Internal) : Sandisk Compact Flash 802.11b Wifi Adapter Card (SANDISK WI-FI adapter card with 128MB memory COMPACT FLASH Wireless Card) Modem Jenis CDMA dan Wifi Card harganya lebih murah dibandingkan dengan modem GSM. Modem Wireless secara umum jauh lebih mahal dari modem dial up. Masing-masing memiliki keunggulan dari sudut pandang harga dan kemampuannya. Pemilihan modem jenis tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita.
To Be Continued....

No comments: